-->

Cara Sukses Ternak Burung LoveBird Dan Proses Penjodohan

Advertisement

LoveBird merupakan salah satu burung kicau yang sanggat di gemari dan diminati oleh para kalangan pecinta burung kicau mania, burung lovebird memiliki varian suara yang sanggatlah merdu untuk di dengar, burung lovebird memiliki varian warna yang sanggatlah menarik, burung ini juga sering di jadikan burung master untuk burung - burung lain nya.

Burung Lovebird
kali ini sudah banyak perkembangbiakan nya, dikarenakan banyak nya para petani burung yang menernak dan menangkarkan burung tersebut, senhingga tidak susah untuk kita cari dan banyak kita jumpai di pasar - pasar burung setempat.

Ternak Burung Lovebird sanggatlah banyak para petani burung maupun pecinta burung kicau yang telah mencoba menangkarkan atau membudidayakan burung lovebird, burung lovebird memang lumayan agak sulit dalam cara penjodohan beda dengan cara penjodohan burung kenari, karena burung lovebird susah di pasangkan nya, beda dengan burung kenari yang bisa dengan 1 jantan dan 3 betina bahkan bisa dengan 5 betina, burung lovebird harus sepasang sepasang, dan klo sudah di jodohkan dengan 1 burung maka akan sulit di jodohkan dengan burung lain nya.


http://burungkicau-indonesia.blogspot.com/2014/11/cara-budidaya-ternak-burung-lovebird.html


 Pemilihan Burung LoveBird Indukan Yang Baik Untuk Di Ternak.


Pilihlah burung indukan jantan dan betina yang sehat dari segi fisik tubuh dan tidak cacat.

Pilihlah burung jantan yang memiliki kualitas suara yang sanggatlah bagus, supaya menghasilkan bibit anakan yang bagus juga.

Pilihlah burung jantan dan betina yang memiliki usia cukup untuk di ternakkan dan kedua burung sudah sanggat birahi.


Cara Membedakan Burung LoveBird Jantan Dan Betina Nya.


Dari Cara bertengger : Lovebird betina bertengger dengan jarak kaki yang sanggat lebih lebar dibanding lovebird jantan.

http://burungkicau-indonesia.blogspot.com/


Dari Bentuk tubuh : Lovebird betina lebih cenderung memiliki tubuh yang kecil ramping dan memiliki kepala yang agak besar di bandingkan jantan dan paruh yang lebar.


http://burungkicau-indonesia.blogspot.com/

Dari Bentuk ekor : Lovebird betina memiliki ekor yang lebih rata dibanding  ekor lovebird jantan yang bentuknya agak meruncing.


http://burungkicau-indonesia.blogspot.com/


 Ukuran Sangkar Atau Kandang Yang Baik Untuk Ternak Burung LoveBird.


Kandang atau sanggkar lovebird menggunakan kawat ram atau jenis sangkar besi dengan ukuran P x L x T 50 x 50 x  50 cm yang bisa digunakan untuk sepasang lovebird. Selain itu persiapkan pula tempat untuk bertelur dengan memakai kotak kayu dengan ukuran P x L x T 25 x 20 x 25 cm.


Usia Burung LoveBird Yang baik Untuk Di Ternakan.


Untuk Usia Burung LoveBird Jantan Minimal usia burung 14 - 16 Bulan.

Untuk Usia Burung LoveBird Betina Minimal usia burung 12 - 14 Bulan.


Proses Penjodohan Atau Perkawinan Burung LoveBird.


Cara penjodohan lovebird dengan mendekatkan kedua sangkarnya, masing-masing berda pada sangkar yang berbeda.

Apabila kedua burung ini berdekatan selama 3 – 7 hari, bisa dipastikan sepasang lovebird tersebut berjodoh. Proses perjodohan akan berjalan lebih cepat jika lovebird memasuki masa birahi.

Ciri-ciri lovebird masuk masa birahi apabila ditandai dengan kicauan burung yang semakin nyaring, untuk pejantan terlihat begitu agresif  dengan merunduk sambil membuka sayapnya dengan posisi ekor yang gerak naik turun.

Apabila kedua pasangan sejoli ini sudah berjodoh, sebaiknya segera disatukan dalam satu sangkar penakaran.

Namun jika sudah disatukan, namun kedua burung saling bekejaran maka bisa dipastikan burung tersebut tidak cocok, Cobalah lakukan penjodohan ulang dengan lovebird yang lain.

Atau jika Anda memiliki banyak lovebird atau paling tidak 5 pasangan, bisa dijadikan dalam satu kandang besar supaya bisa menemukan sendiri jodohnya.

Jenis burung lovebird tidak mengenal istilah poligami atau poliandri seperti jenis burung lain.

Biasanya kalau sepasang lovebird sudah berjodoh maka langsung masuk ke glodok untuk segera kawin dan bertelur. Jika demikian, Anda pun tinggal memindahkan ke lokasi penangkaran.
 
Tempat Sarang Burung LoveBird Yang Baik.


Pasang glodok pada kandang sebagai sarang untuk tempat bertelur lovebird.

Jangan lupa bersiapkan juga alas pengeraman pada dasar glodok.

Pada habitat aslinya lovebird membuat sarang dari bahan ranting pohon kecil, tangkai daun dan lainnya.

Oleh karenanya buat alas kandang senyaman mungkin untuk lovebird dengan memberikan tangkai daun, ranting-ranting pohon kecil, klobot (kulit jagung kering).

Pada umumnya sekali beranak lovebird bisa menghasilkan 4-6 butir telur.

Anda tidak perlu khawatir apabila indukan tidak segera mengeram, karena biasanya lovebird akan segera mengerami ketika telur yang ketiga sudah keluar.

Pada masa pengeraman, indukan betina biasanya sesekali keluar dari glodok untuk mencari makan, atau hanya sekadar merentangkan sayap

Masa Lama Pengeraman Burung LoveBird.


Masa pengeraman telur lovebird hingga menetas memerlukan waktu sekitar 21-23 hari. Ada sesuatu yang menarik pada masa penetasan, lovebird bisa membutuhkan waktu penetasan hingga 24 jam.

Anda tidak perlu cemas, hal ini karena anak lovebird membutuhkan penyesuaian dengan lingkungan baru. Kami sarankan, Anda tidak perlu intervensi lovebird pada masa penetasan karena bisa menyebabkan anak lovebird tumbuh secara tidak normal.

Biasanya pada masa pertama tidak semua telur lovebird bisa menetas semua. Hal ini wajar dan alami, Anda tidak perlu merisaukannya. Masa-masa produktif lovebird terjadi setelah masa telur yang kedua dan selanjutnya.

Terjadinya kemandulan pada telur lovebird terjadi karena indukan terlalu muda, kondisi kandang yang tidak bersih serta nutrisinya kurang dan gizi buruk.

Apabila kemandulan berlangsung terus-menerus, maka Anda patut curiga. Periksa cangkang telur lovebird yag tidak menetas kemudian lihatlah perkembangan embrio telur tersebut.

Apabila di dalam telur lovebird masih ada embrio namun setengah jadi, bisa diinkasikan terjadi kesalahan pada masa pengeraman telurnya atau bisa saja telurnya keluar sarang yang akhirnya telur tidak dierami induknya.

Makanan Atau Pakan Yang Baik Untuk Burung LoveBird.


Agar produktifitas indukan lovebird meningkat, sebaiknya anak lovebird disapih (dipisah dari indukan) pada umur 10-14 hari.

Hal ini juga memiliki keuntungan tersendiri karena anak lovebird bisa menjadi makin jinak yang akan meningkatkan nilai jual.

Anda bisa meletakkan anak lovebird pada sebuah kotak dengan alas kain yang diterangi dengam lampu 5 watt untuk menjaga kehangatan anak lovebird.

Untuk pakan anak lovebird, Anda bisa memberikan bubur bayi instan yang tersedia di pasaran.

Cara pemberiannya dengan mencampurkan menggunakan air hangat.

Anak lovebird yang masih bayi menggunakan campuran pakan yang tidak terlalu kental, dengan bertambahnya umur sebaiknya tingkat kekentalan makanan ditambah.

Anda bisa menggunakan jarum suntik untuk meloloh. Lakukan pemberian pakan 4 jam sekali secara teratur.


Berikut adalah Cara Budidaya / Ternak Burung LoveBird dari kami BKMCI™ (Burung Kicau Mania Club Indonesia) , semoga bermanfaat untuk anda semua para pecinta burung kicau mania di indonesia.
Advertisement